Penataan Ruang Dengan Desain Arsitektur Minimalis

Desain Arsitektur Rumah Minimalis

Secara sederhana yang dimaksud dengan desain arsitektur minimalis merupakan desain rumah atau ruangan yang memanfaatkan lahan yang ada, kemudian dipadukan dengan pemilihan dan penempatan furniture atau perabotan rumah yang selaras dengan ruangan. Jenis arsitektur ini lahir akibat semakin terbatasnya lahan untuk membangun rumah, bahan bangunan yang semakin mahal, namun tetap dituntut untuk menciptakan sebuah bangunan atau ruang yang nyaman ditinggali dan sedap dipandang mata.

Pengetahuan Dasar Tentang Pembagian Lahan dan Bangunan

1. Koefisien Dasar Bangunan

Yang dimaksud dengan Koefisian Dasar Bangunan (KDB) adalah persentase antara luas lahan yang ada dengan luas dasar bangunan (tapak) yang akan dibuat. Misalnya Anda memiliki lahan 1000 m2 dengan KDB 60%, maka dasar bangunan total yang dibangun adalah 60% X 1000 = 600 m2. Dalam penentuan KDB ini tergantung kebutuhan Anda, atau harus merujuk kepada Peraturan Daerah setempat. Untuk tanah dataran dan pebukitan, Pemerintah Daerah biasanya sudah menentukan persentase KDB yang berbeda.

2. Koefisien Luas Bangunan

Koefisien Luas Bangunan adalah pedoman untuk menentukan persentase total luas bangunan dengan total lahan yang ada. Misalnya Anda memiliki lahan 1000 m², dan KLB yang ditentukan adalah 5, maka perhitungannya menjadi 5 X 1000 = 5000. Jadi total luas bangunan mulai lantai dasar hingga lantai teratas adalah 5000 m². Penentuan KLB juga biasanya sudah ditentukan oleh Pemerintah Daerah setempat dalam persyaratan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB).

Jasa Desain Arsitektur Rumah Minimalis

Pemanfaatan Ruang Yang Ada Dengan Desain Arsitektur Minimalis

1. Pengukuran Ruangan

Jika Anda ingin menata kembali ruang yang ada di rumah Anda dengan arsitektur minimalis, maka yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah pengukuran luas ruangan itu sendiri. Hal ini penting untuk membuat dan menempatkan meubel yang selaras dengan ruangan yang ada.

2. Menentukan Desain Meubel atau Furniture

Ruang Tamu

Setelah mengetahui ukuran ruangan yang ada, langkah berikutnya adalah penentuan desain meubler yang dibutuhkan di ruangan tersebut. Anda bisa membuat khusus, mencari dan membeli meubel yang sekiranya cocok dengan ruangan.Pada intinya, dalam tahap ini upayakan membuat ruangan tidak menjadi penuh sesak dengan meubel. Untuk ruang tamu yang sempit misalnya, memaksakan menempatkan kursi atau sofa yang besar apalagi ditambah dengan rak hiasan yang juga berukuran besar akan membuat ruangan menjadi sempit dan terlihat pengap.

Tidak sebandingnya ruangan dengan meubel, akan membuat ruang gerak menjadi sempit dan secara estetis kurang enak dipandang mata. Untuk ruang tamu yang kecil ruangnya cukup ditempatkan kursi persegi dengan kapasitas duduk 3-4 orang tamu termasuk pribumi dan apabila masih memungkinkan tempatkan rak hiasan kecil namun chic di sudut ruangan.

Ruang Tengah atau Ruang Keluarga

Ruang keluarga biasanya memiliki ruang lebih luas dari ruang tamu, karena memiliki fungsi sebagai tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga. Namun meski lebih luas, penempatan meubel tetap saja harus disesuaikan dengan ruangan. Beberapa meubel yang biasanya ada di ruang keluarga adalah kursi atau sofa, rak tv, lemari hiasan atau rak penyimpanan buku dan beberapa meubelehiasan lainnya.

Hendaknya selalu menyesuaikan meubel dengan bentuk ruangan dan menempatkan semua barang selalu pada sisi yang tepat. Hal itu dilakukan untuk memberi kesan ruang keluarga yang nyaman, luas dan yang lebih penting sesuai dengan kebutuhan aktivitas keluarga di sana. Jangan memaksakan hiasan lain jika tidak memungkinkan, seperti memasang aquarium besar. Jika tetap ingin ada aquarium, pilih yang kecil namun enak dipandang. Namun sedikit tips, jika ingin memasang aquarium di ruang keluarga, sebaiknya aquarium kecil ini jangan dipasang banyak hiasan di dalamnya, karena akan semakin nampak kecil dan kita tidak bisa menikmati pergerakan ikan di dalamnya.

Dapur

Inilah ruangan yang kaya akan pernak-pernik perlengkapan memasak yang jika tidak diatur penempatannya akan terlihat kumuh. Biasanya dapur dibagi dua, dapur bersih dan dapur kotor. Namun rumah minimalis biasanya hanya memiliki satu dapur saja. Pertama-tama tentukan sudut di mana kita akan meletakkan meja kompor, tempat cuci piring dan meja tempat mengolah bahan masakan.

Upayakan posisi kompor tidak berdampingan persis dengan tempat cuci piring untuk menghindari cipratan air mengenai api atau penggorengan. Jika ingin memasang kitchen set, pilihlah kitchen set sederhana yang tidak terlalu memakan ruang dinding dapur. Kitchen set ini bisa membuat sendiri atau membeli yang sudah jadi. Jika sangat tergantung dengan bentuk dan luas ruangan, sangat disarankan untuk membuat sendiri atau memesan ke tukang perkakas yang sudah berpengalaman. Ukuran kulkas atau lemari es harus disesuaikan juga dengan luas dapur.

Jangan memaksakan membeli kulkas berukuran besar yang memiliki 2 pintu jika ruangan dapur yang ada tidak memadai untuk kulkas dengan ukuran sedemikian. hendaknya semua mebeuler disesuaikan dengan kebutuhan saja, jangan melihat stylish atau tidaknya. Untuk ventilasi udara, sebaiknya pasang blower exhaust di jendela dapur atau ditempatkan khusus di tembok dapur, yang biasanya dipasang persis di atas kompor, agar asap dari masakan bisa langsung dibuang ke luar.

Kamar Mandi

Jika kamar mandi Anda tergolong kecil, hanya cukup untuk satu bak mandi tanpa bathtub misalnya, upayakan membangun kamar mandi dengan atap yang tinggi dan terbuat dari kaca atau fiber glass. Hal ini dilakukan untuk menambah kesan luas pada kamar mandi Anda.

Apalagi jika di dalam kamar mandi Anda ada alat pemanas air. Uap air hangat akan langsung ke udara jika atap kamar mandi tinggi dan menggunakan ventilasi di atasnya. Dari segi estetika, atap transparan kamar mandi akan menambah kesan berbeda, apalagi jika Anda berada di kamar mandi malam hari, bisa langsung melihat cerahnya langit malam.

Kamar Tidur

Seringkali kita ingin memaksakan pemasangan tempat tidur besar di kamar yang sempit, sehingga ruang gerak kita menjadi sangat terbatas. Tempat tidur yang pas bagi suatu ruangan biasanya hanya memakan ¼ dari total luas kamar tidur sendiri. Hal itu berfungsi untuk memberi ruang kepada meubel lain seperti lemari pakaian atau lemari hias. Kamar tidur anak yang biasanya berukuran lebih kecil dari kamar tidur orang tua juga harus mendapat perlakuan yang sama. Jangan menempatkan tempat tidur ukuran nomor 1 jika penghuni kamar hanya satu orang. Berikanlah ruang yang memadai untuk lemari mainan dan pakaian anak.

3. Pemilihan Warna Ruangan

Warna akan sangat menentukan kesan pertama yang didapat ketika kita berada di dalamnya. Warna cerah biasanya digunakan untuk ruang tamu dan dapur untuk menimbulkan efek luas dan kelegaan sirkulasi udara. Sedangkan warna yang lebih redup sebaiknya digunakan di kamar tidur dan kamar mandi untuk menimbulkan efek keteduhan dan kenyamanan. Khusus untuk ruang keluarga, Anda bisa memilih keduanya, redup atau warna terang sekaligus. Karena di ruang keluarga biasanya akan diberi pencahayaan yang lebih, sehingga warna dinding akan lebih terlihat indah.

Terlepas dari pemilihan warna dan meubel yang baik, arsitektur minimalis tetap membutuhkan kejelian dalam menata ruang agar sesuai dengan keinginan. Hendaknya tetap bersikap logis dengan pembiayaan, karena gaya arsitektur apapun yang dipilih, kenyamanan bagi setiap anggota keluarga tetaplah hal yang utama.

Penataan Ruang Rumah Minimalis

Jasa Desain Arsitektur Rumah Minimalis

Jika Anda ingin mewujudkan rumah impian yang terkesan minimalis dan bergaya modern tanpa harus ribet memikirkan desain, silahkan hubungi Sannur Arsitek. Kami siap untuk segera mewujudkan desain arsitektur rumah minimalis impian Anda.

Sannur Arsitek merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa desain rumah, jasa arsitek rumah, jasa gambar arsitek, jasa gambar bangunan yang sudah berpengalaman di dalam menangani beragam proyek desain bangunan diseluruh Indonesia. Sebagai salah satu layanan jasa arsitek terpercaya, kami akan memberikan kepuasan dan kenyamanan untuk Anda dalam berkonsultasi dengan kami. Untuk info lebih lengkapnya dan ingin konsultasi via online, silahkan hubungi customer service Sannur Arsitek di nomor 082132343879.