Desain Interior Rumah

Sebuah rumah tak lengkap rasanya jika belum dihiasi dengan berbagai jenis interior rumah. Kehadiran interior rumah akan memanjakan para penghuni rumah. Rumah adalah tempat kembalinya seseorang setelah seharian berjibaku, bekerja, mencari nafkah, mencari ilmu. Rumah adalah sarang sebuah keluarga, tempat mereka melepas lelah dan letih setelah menjalani aktivitas padat di tengah hiruk-pikuknya sebuah kota. Rasa lelah dan letih tentunya akan hilang jika desain interior rumah didesain secara tepat.

Rumah adalah segalanya bagi seseorang. Jika Anda bepergian ke luar kota atau ke luar negeri, bagaimana pun nyamannya keadaan di hotel atau rumah kerabat Anda, Anda tentu merindukan kehangatan rumah Anda sendiri. Tempat Anda bercengkrama dengan keluarga.
Rumah tentu saja harus nyaman dan homey. Agar penghuninya merasa betah bernaung di dalamnya. Dan kenyamanan ini didapat bukan dari kemewahan sebuah rumah. Kemegahan bangunan, ataupun perabot buatan luar negeri.

Kenyamanan sebuah rumah bisa Anda peroleh dengan mengisi perabot rumah tangga yang sesuai dengan keadaan dan kegiatan sehari-hari yang Anda sekeluarga lakukan. Sesuai dengan karakter kepribadian Anda dan penghuni rumah lain.

Berburu perabot rumah tangga, selain mengasyikkan juga mendatangkan kepuasan tersendiri jika Anda berhasil mendapatkan barang incaran Anda. Interior rumah Anda pun akan jadi lebih indah dan mencerminkan kepribadian Anda dan keluarga. Anda bisa bertanya pada teman atau saudara, di mana mendapatkan perabot interior rumah yang berkualitas dengan harga terjangkau.

Selain membeli di toko furniture, Anda bisa berburu perabotan interior rumah di show room peralatan rumah tangga, garage sale orang yang mau pindah rumah, toko barang bekas, toko barang antik dan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa berburu lewat dunia maya.

Berbagai Jenis Bahan untuk Perabotan Interior Rumah

Ada banyak perabot interior rumah yang tersedia di pasaran. Bahannya pun beragam. Ada yang terbuat dari besi, kayu solid, kayu PVC/ tripleks/ multipleks dan juga plastik. Anda memilih perabot interior rumah yang berbahan apa? Itu tergantung selera dan kondisi keuangan Anda. Masing-masing bahan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Perabot besi tahan lama, harganya mahal dan jika kurang terawat bisa berkarat. Perabot dari kayu solid, harganya mahal, awet dipakai tapi terkesan berat dan kurang cocok untuk rumah mungil. Perabot berbahan multipleks, harga lebih murah, model lebih bervariasi tapi kurang awet dipakai. Terakhir, bahan plastik. Harganya murah meriah, banyak pilihan desain namun terkesan murahan.

Interior Rumah – Sebelum Berbelanja Perabot Rumah Tangga

  • Sebelum membeli perabot, sebaiknya Anda dan pasangan berdiskusi dahulu. Apa saja kebutuhan perabot Anda, berapa bujetnya dan gaya apa yang Anda berdua inginkan. Apakah rumah Anda bergaya minimalis, tropis, etnik, atau lainnya. Sesuaikan perabot yang akan dibeli dengan model rumah dan selera Anda.
  • Sebagai referensi membeli perabotan dan menata ruangan, Anda bisa membeli majalah atau tabloid tentang rumah atau membuka website tentang rumah.
  • Untuk rumah mungil bertipe 21 hingga 45, ruangannya terbatas. Biasanya, ruang tamu disatukan dengan ruang keluarga. Bila rumah Anda jarang menerima tamu, lebih baik membeli sofa atau kursi ruang tamu yang terdiri dari dua kursi saja.
  • Anda bisa membeli perabotan yang multifungsi untuk menghemat ruangan. Misalnya, Anda bisa memilih sofa bed. Jadi, berfungsi sebagai sofa jika ada tamu dan di malam hari, Anda dapat menjadikannya tempat bersantai sambil menonton televisi. Atau bufet televisi yang bentuknya seperti peti, di dalamnya Anda bisa menaruh barang yang jarang dipakai.
  • Untuk rumah mungil, Anda bisa memesan perabot rumah tangga yang sesuai dengan ukuran ruangan Anda. Gambar pula desain yang Anda inginkan agar tidak membutuhkan waktu lama berdiskusi dengan pembuatnya. Memang, Biayanya agak sedikit lebih mahal daripada membeli di toko. Tapi, Anda lebih puas karena mendapatkan perabot yang benar-benar tepat untuk kebutuhan Anda.
  • Jika membeli jadi, usahakan mengukur terlebih dahulu sebelum ke toko furniture. Bisa saja, perabot terlihat kecil ketika terpajang di show room dan ketika dimasukkan ke rumah Anda, tidak muat!
  • Ingin hemat dan Anda punya kenalan tukang, lebih baik bikin sendiri perabot rumah Anda. Bahan yang tidak terpakai juga bisa dimanfaatkan. Misalnya, kayu bekas peti kemas.
  • Saat ini, banyak majalah atau tabloid yang membahas tentang serba-serbi rumah. Ada rubrik yang berisi step by step pembuatan perabot rumah tangga seperti rak, meja, dll. Anda bisa mencontohnya.Jenis Lampu untuk Interior Rumah

Ada beberapa jenis lampu yang sangat cocok untuk interior rumah, misalnya bohlam atau neon (lampu biasa) yang dipasang di kap lampu. Jenis-jenis lampu hias untuk interior rumah sangat bervariasi serta digolongkan melalui bermacam cara pemasangan atau jenis aksesoris lampu yang dipakai untuk interior rumah, misalnya lampu langit-langit (ceiling lamps), lampu sorot (spotlight), dan lain-lain. Pemakaian lampu-lampu ini dapat mendukung desain interior rumah Anda.

1. Lampu Langit-langit (Ceiling Lamp)
Jenis lampu untuk interior rumah yang satu ini biasanya dipasang di bawah langit-langit dan memiliki bentuk aksesoris yang beragam. Lampu langit-langit untuk interior rumah ini dapat diperoleh di toko-toko lampu, supermarket bahan bangunan dan peralatan rumah tangga atau di tempat lainnya yang menjual berbagai macam interior rumah.

2. Lampu Gantung (Pendant Fixtures)
Interior rumah yang berupa lampu gantung adalah jenis lampu yang terbanyak dipakai di rumah tinggal karena memasang jaringan kebelnya mudah. Pada umumnya, lampu gantung lantai dasar yang langit-langitnya berbahan dak beton, memakai interior rumah lampu gantung.
Interior rumah rumah ini biasa dipasang untuk mengisi langit-langit yang tinggi, misalnya di void, tangga, dan lain-lain. Selain itu, cahaya lampu ini dapat berfungsi untuk menerangi sebuah area tertentu, contohnya ruang makan. Jadi, interior rumah yang berupa lampu gantung ini memiliki banyak fungsi.

3. Lampu Dinding (Wall Lamps)
Dalam interior rumah, lampu dinding banyak dipakai sebagai hiasan dinding atau bisa juga sebagai penerang ruangan yang sedikit remang-remang saat malam menjelang dan lampu lainnya sudah dimatikan. Interior rumah berupa lampu dinding juga dapat difungsikan untuk memperkuat sebuah ruangan, misalnya area duduk. Dapat juga difungsikan sebagai pemberi petunjuk arah, misalnya pada lobi-lobi hotel.

4. Lampu Lantai (Floor Lamps)
Lampu lantai bisa juga dipakai di dalam rumah untuk memberikan penchayaan lebih atau mempertegas keindahan sebuah desain interior rumah. Interior rumah ini dapat dimanfaatkan sebagi lampu baca di samping kursi baca, sofa, atau sebagai penghias ruang tamu rumah Anda.

5. Lampu Meja (Desk Lamps)
Interior rumah berupa lampu meja ini biasanya dipakai dan difungsikan sebagai penerang ketika membaca atau kegiatan lainnya di meja. Pada umumnya, lampu ini hanya digunakan di meja sehingga harus diatur kuantitas cahaya dan arah cahaya sesuai kebutuhan.
Tidak sulit bukan, memilih perabot yang cocok untuk interior rumah kebanggaan Anda? Mari berburu!

Berbagai Pilihan Interior Rumah

Ibarat wajah, maka interior rumah bagi Anda adalah seperti inner beauty yang harus dijaga dengan baik. Baik kebersihannya, tampilannya, penataannya serta jenis dan modelnya. Bila sebuah rumah yang sederhana mempunyai penataan dalam rumah yang cantik, rumah yang sederhana itu akan terlihat bagai sebuah puri atau villa cantik yang bisa menjadi contoh bagi yang mempunyai rumah ukuran serupa.

Tidak mudah memang mengatur rumah kecil. Dibutuhkan pengetahuan dan keinginan untuk bisa menatanya bagai sebuah rumah idaman. Rumah ukuran sedang bahkan rumah ukuran besar pun sebenarnya tidak mudah juga diatur perabotannya.

Kelebihan rumah ukuran besar adalah bahwa pilihan ornamen dan pengaturan tata letak dalam rumah mempunyai pilihan yang lebih banyak. Sedangkan untuk rumah ukuran kecil, pilihan perabotan itu sedikit dan bahkan harus didesain khusus agar tepat dan pas dengan bentuk rumah sehingga rumah kecil itu tidak malah terlihat seperti gudang dengan tumpukan barang yang tidak teratur.

Pengertian Interior Rumah

Apabila mengacu pada ilmu arsitektur maka Interior rumah bermakna pada ilmu tata ruang atau desain penataan isi rumah; yang dilakukan secara spesifik tiap ruang per ruang. Tata ruang dalam rumah didukung atas beberapa hal, yakni berupa bentuk ruang, perabot pengisi ruang, lighting (pencahayaan), dan colouring (pewarnaan dinding).

Penataan interior di sebuah rumah memiliki banyak pilihan dalam menatanya. Anda dapat lakukan sendiri dengan mengacu pada referensi yang terdapat dalam majalah-majalah interior dan home design, misalnya. Dan kedua, bila Anda kurang merasa yakin serta memiliki kelebihan uang – mungkin Anda dapat menggunakan jasa ahli tata ruang rumah.

Adalah sebuah kepuasan yang tak bisa dilukiskan ketika mampu mewujudkan impian untuk menata ruamh sendiri. Impian itu mungkin saja telah ada sejak kecil. Pengalaman hidup melihat berbagai jenis rumah dengan berbagai tata letak perabotan yang bermacam-macam, telah membuat masing-masing orang mempunyai sudut pandang yang berbeda menyangkut penataan ruang dalam rumahnya.

Rumah adalah tempat ternyaman yang harus dibuat senyaman mungkin. Jangan sampai malas pulang ke rumah karena ingat betapa jelek dan berantakannya rumah itu. Bila hal ini terjadi, maka pasti ada yang salah dengan isi rumah termasuk penghuninya. Perabotan bagus, penataan indah, tetapi tetap saja tidak memberikan rasa nyaman, maka yang harus diteliti adalah batin para penghuni rumah. Adakah ikatan yang erat dan ikatan saling membutuhkan di antara mereka.

Orang-orang yang saling membutuhkan itu akan merasa terikat dan ingin selalu bertemu. Perasaan rindu yang menggebu membuat semua orang yang tinggal dalam satu rumah berusaha untuk kembali ke rumah bagaimanapun caranya. Itulah mengapa mereka ingin rumah itu sangat nyaman dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Rumah yang nyaman memang tak harus mewah. Biarkan kemewahan itu menjadi milik hati. Hati yang istimewa hanya untuk hati yang istimewa juga.

Jenis Rumah

Jenis rumah yang memerlukan jasa penataan interior rumah tidaklah terbatas. Semua rumah tetap memerlukan tangan-tangan khusus untuk menata interior rumahnya – sekalipun itu dilakukan sendiri. Misalnya kelompok rumah standar seperti, rumah asri, rumah mewah, rumah minimalis, rumah sedang, rumah sederhana, dan rumah peristirahatan. Kemudian kelompok rumah berbangunan besar, seperti, rumah kantor, bangunan ruko, gedung, hotel serta apartemen.

Penataan itu dibutuhkan agar rumah terlihat cantik dan berbeda dengan rumah yang lain. Energi yang bersatu dalam satu rumah itu akan semakin cantik ketika mata memandang keadaan rumah dengan lebih tenang dan nyaman. Kalau mata telah tidak merasa nyaman memandang keadaan isi rumah, itulah saatnya mencoba untuk menata ulang semua isi rumah agar rumah terlihat indah dan menyenangkan. Rumah ada vitamin hidup yang sangat menghidupkan. Itulah mengapa rumah harus dijadikan tempat yang indah dan tertata rapi.

Jenis Penataan Ruang

Ada beberapa jenis penataan ruang dalam rumah yang biasa dikenal dan biasa diterapkan dalam setiap rumah. Jenis penataan itu sendiri menyesuaikan dengan jenis rumah dan keinginan pemilik rumah. Ada yang ingin rumah mewahnya ditata seperti rumah minimalis karena ternyata pemilik rumah tidak terlalu senang dengan perabotan yang banyak jenis dan ragamnya. Ia ingin rumahnya tampak lapang dan leluasa bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain.

Ada jug ayang ingin mempunyai rumah dengan penataan bagian ruang dalam secara konvensional atau ada jug ayang ingin penataan yang tradisional. Semua jenis penataan tentunya membutuhkan konsekuensi penataan perabotan yang sesuai dengan tema. Hal ini agar semua barang terlihat sesuai dengan peruntukkannya dan tidak saling tumpang tindih.

Penataan yang minimalis sekalipun, bisa dibuat cukup luar biasa. Misalnya dengan menggabungkan penataan ala klasik dengan sedikit etnik. Kalau perabotan yang dimiliki cukup menunjang penataan dengan berbagai model, mengapa tidak. Kreativitas bisa dijalankan dengan flesibilitas yang cukup tinggi. Semua bagian rumah termasuk dinding dan langit-langit bisa menjadi bagian penataan ruang.

Kelima jenis interior rumah tersebut dapat saja Anda terapkan pada jenis rumah atau bangunan apapun. Karena pada dasarnya interior rumah adalah menata ruang dalam rumah, secara spesifik tiap ruang per ruang. Dengan menyesuaikan antara perabot, penataan, lighting dan colouringnya.

Hingga Anda tidak perlu ragu untuk mencobanya pada rumah Anda. Kelebihan interior rumah adalah tidak membuat Anda merasa bosan, Andapun dapat mengubah setiap waktu penampilan tata ruang di rumah Anda. Karena pada dasarnya tata ruang rumah terlepas dari fasad depan rumah.

Menyiasati Ruang

Dalam menerapkan konsep tata ruang rumah, mungkin memahami luasan rumah akan lebih bijaksana. Ada beberapa luasan rumah yang sudah biasa Anda kenal. Yakni tipe rumah dengan luas dalam meter persegi, yakni tipe 30, tipe 36, tipe 45, tipe 54 dan tipe 68, serta 100. Nah, semakin kecil rumah Anda maka makin terbatas pilihan dalam menata ruang dalam rumah Anda. Pada tipe-tipe kecil seperti rumah dengan tipe 30 dan 36, maka Anda dapat menggabungkan dalam satu konsep menerus antara ruang tamu, ruang keluarga dan ruang makan; atau dengan meniadakan salah satu ruang tersebut, misal menghilangkan ruang keluarga.

Kemudian pada rumah tipe 45 dan 54, Anda lebih leluasa dalam menuangkan ide serta menerapkan seperti apa konsep rumah Anda. Misalnya, Anda dapat memiliki beberapa ruang penting yang Anda butuhkan seperti, ruang keluarga, ruang makan, dan ruang tamu. Anda hanya tinggal melakukan pemilihan terhadap perabot yang tepat, serta pengaturan lighting atau pencahayaan yang berkarakter. Serta Anda dapat pula bermain dengan warna dinding sesuai hasrat Anda.

Semakin besar ruang atau bangunan rumah, maka semakin banyak pilihan dalam menerapkan konsep interior rumah; sekaligus semakin besar pula tantangannya dalam menata besaran dan luasan ruang tersebut. Semisal bangunan perkantoran serta rumah peristirahatan.

Menempatkan Pelengkap Interior

Pilihlah perabot yang sesuai dalam mengisi rumah Anda. Anda jangan terjebak pada model rumah yang up to date, namun tidak sesuai dengan ruang rumah Anda. Justru akan menimbulkan kesan tak simetris dan dipaksakan. Pilihlah perabot dengan bijaksana. Anda harus memikirkan dua faktor penting, yakni faktor kegunaan dan faktor entertainment. Jadi jangan hanya karena bentuknya bagus dan sedang ngetrend saja, sebaiknya Anda perlu memikirkan faktor fungsi dan kegunaan pula.

Bila perlu, buatlah perabot rumah yang multi guna. Perabotan yang multi guna ini selain menghemat uang juga menghemat tempat. Bagi rumah yang kecil, hal ini sangat penting. Untuk rumah yang besar pun, hal ini cukup penting terutama pemilik rumah yang tidak terlalu rajin membersihkan rumah dari berbagai macam debu dan kotoran.
Trik dan Tips Menata Ruang Dalam Rumah

Berikut tips dan trik menarik yang dapat Anda contoh. Misalnya, sapukan warna putih atau pearl dan cream pada ruang yang terbatas pada rumah tipe standar. Pilihlah perabot dengan multi fungsi. Semisal meja TV sekaligus berfungsi sebagai buffet pembatas ruang. Atau meja makan sekaligus rak penyimpanan.

Beri lampu dengan cahaya sedang. Tipe down lighting sangat cocok dan dapat member kesan akrab dan natural. Pilihlah pula jenis perabot yang umum dan tidak mengacu pada salah satu konsep (etnik atau tradisonal), semisal konsep klasik. Perabot dengan konsep klasik biasanya lebih abadi.