Desain Rumah Dinding Bata Yang Masih Banyak Orang Suka

Bata Merah

 

 

bata rumah

Desain Rumah Dinding Bata – Dinding bata ekspos merupakan estetika arsitektur yang tak lekang oleh waktu, enak dipandang, dan menunjukkan keunikan tersendiri. Kecerdikan dan kepiawaian memadukan dinding bata dengan elemen arsitektur lainnya akan melengkapi berbagai gaya arsitektur, baik tradisional, modern, eklektik maupun modern. Pelajari dan pahami dasar-dasar batu bata, cara merawatnya, sentuhan akhir, gaya, dan banyak hal lainnya, yang akan membuat Anda semakin jatuh cinta.

Perhatian

Penggunaan desain rumah dinding bata polos sebagai bagian dari desain arsitektural merupakan keuntungan karena tidak memerlukan perawatan khusus. Tutupi permukaan dengan cat untuk menghindari disintegrasi dan debu.

 

Pembersihan

Sebelum melapisi, bersihkan permukaan ubin dengan campuran cuka dan air. Gunakan spray untuk menyemprotkan ke seluruh permukaan, gosok dengan handuk, lalu gosok dengan sikat lembut untuk menghilangkan semua kotoran yang tersisa. Pastikan untuk tidak menggosok terlalu keras agar batako tidak rusak.

 

Kelembaban dan Pemberian Nat

Di tempat yang lembab seperti kamar mandi, pastikan batunya dilapisi dengan baik agar tidak berjamur. Jika grouting antar bata kurang bagus, segera perbaiki dan isi ulang.

 

Pilihan tampilan akhir

Batu bata dapat ditampilkan dalam berbagai hasil akhir. Mulai dari batu bata natural, ada yang merah, putih, glossy, abu-abu dan masih banyak lagi tampilan lainnya.

Bata merah. Batu bata tanah liat adalah bagian dari bumi, berwarna merah alami, sangat mudah digunakan dan dapat digunakan dengan banyak bahan lainnya.

Bata tidak sering diekspos dengan warna alaminya. Bermacam pilihan dapat dipadukan buat estetika yang lebih bersatu dengan gaya arsitektur.

Putih. Warna putih dipilih untuk menjaga komposisi bata dan pula memperoleh tampilan yang lebih bersih dan juga berkesan modern.

Dinding bata pada bagian bagian luar berencana dicat putih buat memantulkan sinar dan menyinari taman, sekalian menyeimbangi warna gelap dari barisan batang bambu.

Dinding bata berwarna putih akan memberikan persepsi natural dan memperlihatkan tekstur khusus yang bersih serta mencerahkan ruang.

Whitewashed. Teknik pewarnaan ini memberi kesan cat kapur pada batu bata. Campur air dan cat putih dengan perbandingan 1: 3. Gunakan kuas besar untuk melukis. Ingatlah untuk menutupi lantai dengan plastik bekas atau koran agar cat tidak menetes.

Perbandingan penggunaan air dan cat serta pengecatan berulang pada area tertentu akan menghasilkan tampilan bayangan yang berbeda dan unik.

Abu-abu. Pilihan warna bagus lainnya adalah abu-abu hangat yang lembut. Warna ini memberi Anda perasaan sederhana dan tekstur organik yang bersih dan elegan.

Biru langit. Langit biru akan menerangi dan menerangi seluruh ruangan. Batu bata yang diekspos memperkaya tekstur dinding dan menyeimbangkan kepolosan langit-langit putih, melambangkan awan dan lautan.

Biru gelap. Warna biru tua dari dinding bata juga sama indahnya. Warna ini memberikan kesan kuat dan eye-catching, sehingga bagian dinding yang diekspos menjadi fokus perhatian.

Hitam. Dominasi warna hitam di luar angkasa? Wow, ini tidak buruk, lho. Perpaduan dinding bata bercat hitam dan kayu mampu menyampaikan kesan ruang yang hangat dan nyaman.

 

Hal yang perlu diperhatikan

Saat mengecat dan melapisi batu bata, ingatlah bahwa pori-pori batu bata bersifat penyerap. Bukaan yang tidak rata dapat menyebabkan kesulitan dalam mengecat.

 

Mencampur batu bata dengan bahan lain

Sebagai salah satu material yang tak lekang oleh waktu, batu bata dapat dipadukan dengan berbagai material lain untuk menciptakan gaya arsitektur yang beragam.

Batu bata ekspos memberikan kesan natural pada dinding. Pengecatan dengan warna putih dapat menerangi tangga beton sebagai jalur antara bagian dalam dan bagian luar serta menyeimbangkan warna gelap beton.

Campuran alami dari batu bata, kayu, rumput, dan batu sungai secara sempurna memadukan bangunan dengan lingkungan alam dan langit di atasnya.

Batu bata yang diekspos membuat dinding tangga yang terisolasi menjadi fokus perhatian dan menonjolkan ruang. Ruang makan dengan meja kayu dan lantai kayu serta adanya dinding bata di antara berbagai tanaman menambah kesan pedesaan pada ruang tersebut.

Ada banyak cara untuk mengekspos batu bata sebagai bahan dinding. Gunakan blok penyusun yang menggabungkan berbagai elemen dan gaya arsitektur untuk mengembangkan berbagai ide desain.