Desain Rumah Type 36

Desain Rumah Type 36

Membeli sebuah rumah selain melihat harga yang ditawarkan juga berdasarkan ukuran rumah atau type yang dimilikinya. Banyak desain type rumah yang ditawarkan oleh pihak pengembang/Developer perumahan tergantung dari ukuran luas tanah dan bangunannya. Membuat Desain rumah dengan type 36 lebih diarahkan dalam pemanfaatan ruang yang kosong dalam luasan terbatas tersebut. Yang dimaksud dengan desain rumah type 36 ini adalah sebuah rancangan tata letak rumah yang memiliki ukuran bangunan seluas 36m².

Luas Tanah dan Harga Rumah

Untuk rumah type 36, sebenarnya tidak mutlak ukuran pasti bangunan yang dibuat adalah 36 meter persegi, malah ada yang mempunyai luas bangunan yang lebih besar karena mempunyai luas tanah yang lebih besar pula. Tapi untuk rumah baru, rumah type 36, luas bangunan adalah 6×6 meter dengan dua kamar tidur, ruang tamu yang disatukan dengan dapur dan sebuah kamar mandi. Ukuran dan model ini sudah standar. Yang membedakan terkadang desain eksterior dan gaya arsitekturnya saja dengan bahan bangunan yang dipakai.

Type dan Luas Tanah

Untuk lebih memudahkan di dalam pengelompokkan, perumahan dibagi atas beberapa type rumah, seperti dari yang terkecil adalah rumah type 21, type 27, kemudian type 36, type 45, dan seterusnya. Saat Anda melihat brosur maupun desain rumah type 36, pasti akan terlihat ukuran dari luas bangunan serta luas tanahnya. Jika tertulis seperti 36/90, artinya type rumah ini adalah type 36 dengan luas tanah sebesar 90m². Dan apabila tertulis 36/72 berarti luas bangunan tersebut type 36 dengan luas tanah 72 meter persegi.

Gambar Desain Rumah Type 36

Membuat Desain Rumah Type 36

Pihak pengembang perumahan atau developer saat ini mulai menawarkan rumah semua type dalam bentuk siap huni. Termasuk rumah type 36 ini. Pihak pengembang banyak yang mau berkompromi sebelum membangun rumah yang akan dipesan. Semua ini agar membuat rumah tersebut dalam kondisi bagus dan langsung siap huni. Pihak pembeli tidak harus repot-repot merenovasi dan menata ulang bentuk rumah.

Tentu saja ada biaya tambahan kalau bentuk rumah dan luas bangunan bertambah dan bahan bangunan diluar daftar bahan bangunan yang telah ditentukan oelh pihak pengembang. Bagi pembeli, hal ini juga cukup menyenangkan apalagi mereka memilih perumahan itu karena menginginkan lingkungannya. Perasaan nyaman memang menjadi satu ukuran utama bagi sebagian besar pembeli rumah.

Kalau pun pihak pengembang tidak mempunyai kebijakan bahwa pembeli bisa mengusulkan rancangan sendiri, tetap tidak menutup kemungkinan bagi Anda yang ingin mengubah bentuk dan konsep dasar desain rumah type 36 ini dengan desain atau rancangan Anda sendiri. Pemanfaatan luas tanah memegang peranan penting dalam menentukan model serta banyaknya ruang yang akan dibuat.

Unsur Penting Dalam Membuat Rancangan Rumah Type 36

Karena jarak yang tidak terlalu luas antara rumah atau bangunan di kanan dan kiri, biasanya ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam membuat desain rumah type 36 ini, antara lain:

Sirkulasi Udara

Dengan rapatnya jarak antar rumah, maka saat Anda membuat rumah tye 36 ini harus memperhatikan sirkulasi udara ke dalam maupun keluar rumah nantinya. Ventilasi yang cukup serta lancar menjadi salah satu dasar dalam membuat rancangan rumah type 36 ini.

Cahaya

Cahaya juga memberikan unsur penting di dalam membuat rancangan rumah type 36 ini. Jangan sampai setelah bangunan berdiri, tidak tersedia cukup cahaya di dalam bagian dalam rumah. Menentukan rancangan rumah type 36 ini dengan merencanakan sumber pencahayaan yang tepat dan seimbang seperti memakai fiberglass atau kaca di atap tengah ruangan.