Desain Rumah Tingkat

Jasa Arsitek BangunanKetersediaan lahan yang semakin sempit menuntut pemilik rumah baru di masa kini untuk berjuang dengan ruang-ruang sempit di dalam huniannya. Pemilik rumah perlu mendata kebutuhan-kebutuhan ruang yang dibutuhkan di lantai atas, untuk mempermudah proses desain dan perombakan rumah. Untuk itu, pemilik rumah bisa menggunakan jasa arsitek bangunan atau berkonsultasi dengan profesional lainnya, supaya renovasi berjalan lancar dan tidak merusak struktur bangunan yang telah ada sebelumnya.

Di dalam rumah dua lantai atau lebih, membagi area akan semakin mudah. Penghuni-penghuni bisa mendapat kamar tidur sendiri, menambah jumlah kamar mandi, membuat ruang rekreasi, dan sebagainya. Untuk memperoleh sirkulasi udara dan cahaya yang banyak, manfaatkan area lantai atas rumah dengan membuat jendela atau lubang-lubang ventilasi yang menjadi penyalur udara dan cahaya ke seluruh ruangan.

Membuat Desain Rumah Tingkat di Lahan Sempit

Makin mahalnya harga tanah mendorong orang untuk berkreasi dalam membangun rumah. Apabila jumlah anggota keluarga relatif banyak sementara dana yang tersedia untuk membeli rumah terbatas maka salah satu caranya adalah dengan membuat desain rumah tingkat. Bentuk rumah tingkat juga merupakan solusi yang dipilih banyak orang terutama di perkotaan dimana luas lahan relatif sempit dan harga tanah sudah demikian tinggi.

Rumah tingkat juga merupakan alternatif terbaik yang bersifat futuristik. Artinya, dalam membangun sebuah rumah tentunya perlu disesuaikan dengan perencanaan masa depan kita. Apalagi kita tidak tahu untuk berapa tahun ke depan sebuah desain rumah akan masih cocok. Kita tentunya tidak bisa memperkirakan bila suatu saat ada anak saudara yang turut bergabung dan tinggal bersama kita. Karena itulah desain rumah perlu dibuat dengan mempertimbangkan berbagai hal tersebut.

Rumah bertingkat biasanya dibuat dalam luas tanah yang sempit. Hal ini bertujuan untuk memperluas dan menambah ruangan yang dibutuhkan dalam rumah tersebut. seringkali rumah yang didesain bertingkat dibuat dengan berbagai macam desain rumah, seperti desain rumah bertingkat minimalis, modern, dan lain sebagainya.

Merencanakan Aset

Dalam membangun sebuah rumah dengan desain rumah bertingkat, merencanakan aset rumah tentunya harus dipersiapkan secara matang. Tidak hanya sebagai suatu elemen penting, merencanakan aset juga bisa menjadi sebuah solusi dalam menangani keuangan.

Rumah dengan desain bertingkat tidak hanya bisa menjadi rumah tinggal yang bisa surga bagi seluruh anggota keluarga. Rumah juga bisa menjadi sebuah solusi dalam memperingan alur keuangan.

Langkah pertama dalam mendesain rumah adalah menentukan dan menetapkan rencana ke depan Anda. Dengan perencanaan ini maka diharapkan semua kemungkinan dapat diakomodasi dengan baik dalam desain rumah yang Anda buat.

Pembagian Fungsi Ruang

Langkah selanjutnya, Anda perlu membagi kegunaan masing-masing lantai berdasarkan fungsinya. Untuk lantai dasar atau lantai bawah, gunakan sebagai ruang atau area publik dimana semua orang bisa mengaksesnya. Baik untuk menerima tamu, sebagai ruang usaha, maupun untuk digunakan sebagai garasi mobil. Dengan fungsi ini, maka Anda dapat membuat desain yang lebih terbuka sehingga lebih fleksibel untuk dijadikan fungsi apapun.

Sedangkan untuk lantai 2 atau lantai 3 bisa dijadikan sebagai ruang atau area privat Anda bersama keluarga dan anak-anak. Kalau jumlah anggota keluarga tidak terlalu besar, mungkin bisa dibuat 2 lantai terlebih dahulu. Namun kalau jumlah anggota keluarga agak banyak, bisa pula dibuat untuk 3 lantai. Yang penting, sesuaikan pembagian fungsi ruang dengan perencanaan Anda serta tentunya juga dengan kondisi keuangan Anda.

Selain itu yang juga tak kalah pentingnya diperhatikan adalah membuat nyaman saat Anda bersama keluarga tinggal di dalam rumah yang Anda bangun. Apalagi salah satu kelemahan rumah tingkat adalah terpisahnya antar tingkat secara ekstrem sehingga dapat menyebabkan longgarnya hubungan kekerabatan dalam keluarga.

Karena itu buatlah ruang keluarga dalam desain rumah tingkat Anda dimana Anda bersama anak-anak dapat berkumpul dan bercengkerama bersama secara nyaman dan kondusif.

Syarat Desain Rumah Bertingkat

Dalam membuat desain rumah bertingkat, Anda dapat melakukan sendiri ataupun bisa juga menyewa jasa arsitek bangunan. Namun, jika Anda ingin mendesain rumah bertingkat yang sepenuhnya, Anda dapat membuat konsep rumah bertingkat terlebih dahulu. Dengan begitu, rumah tersebut bisa terwujud sesuai dengan keinnginan Anda dan keluarga.

Selain itu, dengan mendesain rumah bertingkat sendiri juga memungkinkan Anda untuk melakukan prombakan-perombakan ketika proses pembangunan rumah sedang berlangsung. Dengan begitu, proses pembangunan rmah yang Anda inginkan pun akan lebih fleksible di banding harus menyewa arsitek.

Desain rumah minimalis bertingkat haruslah memenuhi beberapa persyaratan, seperti sisi kesehatan, sirkulasi udara, pencahayaan dan fungsi, dan lain sebagainya. dengan memperhatikan hal tersebut maka rumah minimalis bertingkat tersebut akan membuat penghuni nyaman dan tenang.

Sebuah rumah minimalis bertingkat biasanya tidak akan memakan banyak tempat. Anda bisa memanfaatkan lahan Anda meskipun lahan tersebut tidak terlalu luas. Pada umumnya, ukuran rumah minimalis berkisar antara 10 x 12 meter. Rumah minimalis bisa dibuat dengan gaya modern, sehingga penampakannya akan manrik untuk dilihat.

Pemanfaatan tiap sudut rumah dengan desain rumah bertingkat ini sangatlah penting untuk diperhatikan. Ruang kamar pada desain rumah bertingkat gaya minimalis ini biasanya dipatok 5 x 4 meter, sedangkan ruang tamu biasanya cukup dengan luas 5 x 6 meter.

Untuk ruang kamar bagi anak kecil, biasnya ukuran ruangan cukup didesain dengan ukuran yang kecil, seperti 4 x 3 meter atau 5 x 3 meter. Lantai dasar biasanya diisi dengan ruang keluarga, ruang tamu, dan kamar pembantu atau kamar tamu. Sedangkan untuk lantai atas, berfungsi sebagai ruangan-ruangan yang sifatya pribadi, seperti ruang kamar, ruang anggota keluarga, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa membuat ruang kerja di lantai atas. Namun, jika ada ruang lebih, Anda bia menggabungkan ruang kamar dengan ruang kerja agar kesan formal dan pribadi. Untuk menyiasatinya, Anda bisa memberi sekat sebagai pembatas antara kamar dan ruang kerja tersebut.

Yang tidak kalah penting lainnya adalah mendesain beberapa ventilasi sebagai ventilasi udara. ventilasi sangat penting sebagai salah satu jalan untuk pertukaran udara. desain rumah minimalis bertingkat yang direncanakan secara matang akan menghasilkan rumah minimalis yang cantik sekaligus menyenangkan. Dengan begitu, rumah minimalis bertingkat Anda akan lebih nyaman untuk di huni oleh siapapun.

JASA ARSITEK BANGUNAN

Apabila Anda membutuhkan Jasa Desain Rumah Tingkat atau informasi- informasi lebih lengkap mengenai Desain Rumah Tingkat silahkan kunjungi Website kami sannurarsitek.com atau jika ingin langsung berkonsultasi dengan team kami, bisa hubungi nomor admin kami di 082132343879